Saturday, February 20, 2016

BSOD TOSHIBA SATELLITE L510



Bismillahirrahmaanirraahiim...



Blue Screen

Toshiba Satellite L510

PSLF NOOS



Spesifikasi:

-          CPU     : Intel Processore Dual Core T4500

-          RAM    : 1 Gb

-          OS        : Win7 x86 SP1

-          Driver  : Official

Fitur BIOS:

-          Advanced        :

-          Multicore Processing        : Enable/Disable

-          Power Comsumption        : Dynamic/Always Low

-          SATA                                  : AHCI/Compatibility



Gejala:

Blue Screen/BSOD/Blue Screen of Death

I.                   POLA I

BIOS Settings:

-         Multicore Processing  : Enable

-         Power Comsumption  : Dynamic



-         Saat boot OS dan sebelum Tampil Welcome Screen, tepatnya saat muncul Logo Windows 7, Langsung Blue Screen 0x0000124, dan sejenak setelah itu langsung restart.

-         Terkadang bisa lolos masuk Windows, tapi sebentar lagi Blue Screen lagi dengan kode Blue Screen yang sama atau yang lain dengan kode tertentu (tidak saya catat, hehe).

-         Gejala-gejala diatas berlangsung terus-menerus secara acak kadang bisa masuk windows kadang cuma sampai logo windows saja.







II.                 POLA II

BIOS Settings:

-         Multicore Processing  : Enable

-         Power Comsumption  : Always Low



-         BSOD dengan kode 0x0000124 terkadang masih muncul, namun sangat jarang sekali terjadi.

-         Kucoba uji Sleep dan Wake-up berhasil; Hibernate dan Wake-up berhasil. Namun kadang juga tidak berhasil dengan Blue Screen kode tertentu, ntah 0x0000124 atau yang lain.



III.              POLA III

BIOS Settings:

-         Multicore Processing  : Disable

-         Power Comsumption  : Always Low.



-         BSOD Lebih jarang muncul pada setingan BIOS ini daripada POLA II, namun tetap saja kadang Blue Screen dengan kode yang sama (0x0000124) atau yang lain.



Awalnya ku kira gara2 sistem operasinya terlalu tinggi daripada yang anjurkan pabrikannya atau kecocokan driver dengan hardwarenya.



Karena curiga OS-nya mungkin tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikannya . Official support hanya menyediakan driver untuk windows XP dan Vista, sedangkan windows 7 tidak. akhirnya saya reinstal dengan windows vista dan install semua toshiba official driver yang dibutuhkan termasuk utility.

Ternyata hasilnya sama saja. Blue Screen masih muncul dengan pola yang sama seperti ketika OS-nya Windows 7, kecuali windows XP SP3 yang belum aku coba dan official driver yang diperlukan juga tersedia di website toshiba-asia.com.

Setelah ku dapat beberapa informasi secara online tentang gejala trouble Toshiba Satelite L510 ini, dan meminta solusi di forum para teknisi laptop  indonesia, ternyata suplai tegangan ke CPU lemah dan tidak konsisten, sehingga Laptop akan restart sendiri yang disebabkan oleh super kapasitor NEC/TOKIN yang lemah/leak. Super kapasitor inilah yang menyetabilkan suplai tegangan ke multicore processor biar performa dual-corenya bisa optimal dan mungkin juga dipengaruhi oleh pengaturan BIOS pada Multicore Porocessing dan Power Compsumption.




Harap dimaklumi kalau tulisan diatas Murahan dan tidak berbobot; saya pemula para master semua. Mohon Maaf Kalo Tulisan Saya Ini  dan Bertele-Tele, dan tentunya banyak kekurangannya. Saya nantikan koreksi dan umpan baliknya...

Terima Kasih


Samporasun....

No comments:

Post a Comment